Manfaat Sukun Bagi Kesehatan dan Pengobatan Alami

Posted by

Buah sukun yang nampaknya biasa saja ini ternyata mempunyai banyak manfaat untun kesehatan manusia, beberapa manfaat buah sukun yaitu berkhasiat untuk anda yang sedang melakukan diet, karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi bahkan di bandingkan dengan beras, namun kalori dalam buah sukun sangat rendah sehingga cocok di konsumsi untuk anda yang sedang melakukan diet dan ekstrak dari daun sukun dapat mengatasi gumpalan rombosit yang dapat menghambat peredaran darah dalam jantung, karena ekstrak daun sukun mengandung betasitosero dan flavanoid.

Buah Sukun mengandung karbohidrat yang tinggi, dan kandungan gizi pada buahnya juga tinggi. Seperti kandungan Asama Amino esensial ( isoleusin, methionin, lysine, Histidine, Tryptophan, valin ) kandungan mineral tersebut dapat digunakan untuk sistem pencernaan, memperkuat gigi dan tulang, penyakit ginjal, yang mengalami sakit liver dan diabetes.

Berdasarkan hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat.  Khasiat daun sukun sebagai herbal bagi penderita diabetes juga dibuktikan oleh peneliti dari UGM., Nublah, SP. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji pemberian ekstrak daun sukun pada tikus jantan galur wistar yang diberi glukosa monohidrat sehingga mengalamu hiperglikemia. Pemberia 1,35 g guloksa monohidrat per 200 g bobot badan menyebabkan kadar gula darah tikus naik dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.

Sukun menyukai iklim tropis, meliputi suhu 20-40 derajat calcius, curah hujan tinggi 2000-3000mm pertahun, dan lembab lengas nisbi 70-90%. Artocarpus altilis itu tumbuh baik di daratan rendah, ketinggian kurang dari 600 meter di atas permukaan laut(dpl). Pohon sukun dapat tumbuh tinggi hingga 30 meter, walaupun umumnya tanaman yang ditemui di pedesaan tingginya hanya belasan meter.

Tanaman sukun bertajuk renggang, bercabang mendatar, dan berdaun besar-besar yang tersusun berselang-seling. Ukuran daun 20-40cm x 20-60cm dengan bentuk daun berbagi menyirip dalam. Tekstur daun liat agak keras seperti kulit. Daun berwarna hijau tua mengilap di sisi atas serta kusam, kasar, dan berbulu halus di bagian bawah.


Tanaman sukun dapat menghasilkan buah hingga 400 buah per pohon per tahun untuk tanaman berumur 5-6 tahun dan bisa berbuah sepanjang tahun, meskipun ada panen rayanya. Panen raya sukun berlangsung pada januari-februari dan juli-agustus. Bobot buah rata-rata 400-1200g. Namun, ada pula varietas yang buahnya mencapai 5kg. Nilai energinya antara 470-670 KJ per 100g. Dengan demikian, wajar bila para penjelajah barat kemudian bersikeras membawa sukun dari Tahiti ke karibia untuk makanan murah bagi para budak di sana.

Klasifikasi ilmiah sukun
Kerajaan : Plantae
Filum : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Moraceae
Genus : Artocarpus
Spesies : Artocarpus altilis


Manfaat Sukun Dari Daunnya Hingga Buahnya

Buah Sukun Kaya Kandungan Serat
Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Bisa Membantu Diet
Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya. Dengan kenyang lebih lama maka program diet seseorang bisa terbantu dengan buah sukun ini.

Sumber omega 6 dan omega 3
Menurut para ahli bahwa memakan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan dan membantu pertumbuhan otak besar mereka karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung.

Mengatasi Susah Buang Air Besar
Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsi nya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus. Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet Anda.

Menjaga Kecantikan Kulit
Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.

Sumber Antioksidan
Mengkonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

Menjaga Kesehatan Rambut
Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Malahan manfaat buah sukun mampu mengusir timbulnya ketombe pada rambut.

Daun Sukun Obat Penyakit Ginjal
Manfaat pertama dari daun sukun adalah untuk mengobati ginjal, hal ini dikarenakan daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat tercerai-berai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine. Meski belum terbukti secara ilmiah, penggunaan daun sukun untuk penderita penyakit ginjal menunjukkan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi tersebut berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.

Mengobati Asam Urat
Manfaat yang kedua adalah untuk mengatasi asam urat, caranya adalah dengan mencampur segenggaman daun sukun yang telah dikeringkan dan menyeduhnya dengan air mendidih ditambah dengan gula batu atau madu untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan dari getah daun sukun.
Selain daunnya, buah sukun juga memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya untuk diet kalori. Karena, pada buah sukun mengandung kalori rendah dibandingkan dengan beras. “Tetapi kandungan vitaminnya juga lengkap, jadi makan sukun sama saja makan-makanan bervitamin,” kata Ning.

Mengobati Sakit Jantung
Kemudian, daun sukun juga dapat mengatasi sakit jantung, hal ini didasari penelitian Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya, ternyata diketahui bahwa ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Menurut DR. Tjandrawati M. Ozef dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, uji khasiat baik secara in vitro ( menggunakan media) maupun in vivo (melibatkan sel hidup) terhadap ekstrak tanaman tersebut telah menunjukkan hasil sangat baik.

Kesimpulannya, daun sukun bisa melindungi jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Jika anda memiliki kadar kolesterol tinggi, daun sukun juga dapat digunakan untuk menurunkannya. Caranya, segengggam daun sukun yang telah dikeringkan dan bangle diseduh dengan air panas, lakukan hal sama seperti ketika anda sedang membuat teh, dan ramuan tersebut dapat diminum setiap hari.

Mencegah Inflamasi dan Peradangan
Daun sukun juga bermanfaat untuk mencegah peradangan dan inflamasi. Caranya cuci bersih 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu rebus daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air. Setelah air mendidih dan juga air rebusan trersebut tersisa menjadi separuhnya, kemudian tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: November 01, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.