Manfaat Hebat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Posted by

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar, yaitu mengandung:

  • Potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
  • Kalsium empat kali lipat daripada susu.
  • Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  • Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  • Dua kali lipat protein dari pada susu.

Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflamasi.


Daun kelor memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat. Senyawa tersebut terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia. (draxe.com)

Adapun beberapa manfaat daun kelor bagi kecantikan wajah dan kulit, antara lain :

Menghilangkan Noda Hitam (Flek) pada wajah

Dengan kandungan vitamin C daun kelor 7x lebih tinggi dari jeruk merupakan nutrisi yang mampu untuk menghilangkan noda hitam (flek) pada wajah. Caranya sangat mudah yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C selain sebagai penguat sistem kekebalan tubuh (imunitas), juga terkenal sebagai kandungan yang mampu mencerahkan kulit sehingga flek-flek diwajah hilang.

Cara pembuatan masker dari daun kelor yaitu :

Cuci hingga bersih beberapa lembar daun kelor, kemudian tumbuklah daun kelor tersebut hingga halus dan lembut.

Hasil tumbukan bisa juga dicampurkan dengan bedak bayi secukupnya. Kalaupun tidak dicampurkan juga tidak jadi masalah.

Letakkanlah hasil tumbukan yang telah dicampur atau tidak dicampur dengan bedak bayi tersebut ke permukaan wajah hingga mereta dandiamkan selama 15 sampai 20 menit. Tentu sebelumnya wajah juga harus dibersihkan terlebih dahulu dengan air.

Kemudian bilaslah dengan menggunakan air. Lakukanlah kebiasaan ini setidaknya 2 hari sekali atau paling tidak sebanyak 2x dalam seminggu dalam satu bulan. Nantinya noda hitam (flek) pada wajah pasti akan berangsur-angsur memudar dan akhirnya hilang dengan sendirinya.

Masker Daun kelor

Cara seperti ini terhitung menjadi pilihan yang dilakukan, terutama bagi mahasiswa atau anak kosan karena di samping harganya yang ekonomis, juga cara yang harus dilakukan terbilang praktis. Selain itu, caraini juga termasuk cara alami yang terbebas dari kandungan-kandungan kimia yang biasanya ada dan digunakan pada pembersih wajah dalam dunia kecantikan.

Menghilangkan jerawat pada wajah

Kandungan vitamin C yang tinggi di samping bisa menghilangkan noda hitam (flek) sebagaimana telah dijelaskan di atas, juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang muncul. Caranya pun hampir sama dengan menghilangkan noda hitam (flek), yaitu:

Cuci hingga bersih beberapa lembar daun kelor,kemudian tumbuklah hingga halus dan lembut.

Bersihkan wajah dengan menggunakan air. Apabila pada cara menghilangkan noda hitam (flek) hasil tumbukan disebarkan secara mereta kepermukaan wajah, dalam hal menghilangkan jerawat kali ini tidaklah demikian.Oleskanlah saja tumbukan tersebut pada bagian wajah yang menjadi tempat tumbuhnya jerawat, dalam artian hasil tumbukan dioleskan di atas jerawat yang muncul hingga menutupinya.

Diamkan selama 20 menit hingga terasa cukup kering,lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan air hingga bersih.

Lakukanlah cara perawatan ini secara rutin dan teratur sebelum tidur malam, apabila menginginkan jerawat cepat hilang. Sehingga wajah kembali bersih, cerah dan percaya diri bertambah terutama bagi cewek yang mengedepankan penampilannya dihadapan seorang cowok.

Menyehatkan Kulit Wajah

Dari kedua manfaat yang telah dijelaskan pada poin 1 dan 2 tentu juga mengindikasikan bahwa daun kelor yang bisa membebaskan wajah dari noda hitam (flek) dan jerawat berarti dapat menyehatkan kulit. Sehingga kandungan vitamin C pada daun kelor sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Di samping itu, mengkonsumsi daun kelor sebagai masakan juga diyakini mampu memperhalus kulit dan mencegah munculnya jerawat sehingga wajah dan kulit akan terlihat semakin sehat, bersih, dan cantik.

Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin C nya yang tinggi selain sebagai penghilang noda hitam (flek) dan jerawat pada wajah, juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Yang mana, antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan. Dalam kasus kecantikan sendiri,antioksidan akan mampu menjaga kulit supaya tetap segar, bersih, dan berkilau secara alami. Hal ini dikarenakan vitamin C juga ikut membantu dalam pembuangan racun yang dikeluarkan dari jaringan tubuh.

Membersihkan kulit secara Menyeluruh

Selain untuk kesehatan dan kebersihan wajah semata, namun manfaat daun kelor bagi kecantikan kulit sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat kulit bersih secara menyeluruh sehingga tampak cerah dan bersinar. Caranya ialah hampir sama dengan pembuatan maskerndi atas, hanya saja untuk kali ini dicampur dengan beras dan minyak zaitun, yaitu:

Cuci hingga bersih daun kelor secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus.

Campurkan hasil tumbukan daun kelor tersebut dengan beras yang juga sudah ditumbuk dengan kondisi yang masih agak kasar.

Tambahkan sedikit minyak zaitun agar terasa lebih harum. Kemudian gunakanlah campuran tersebut sebagai scrub atau lulur dan balurkan secara merata ke seluruh tubuh seraya memberikan pijatan-pijatan lembut dan perlahan.

Setelah dirasa cukup, bersihkanlah dengan cara mandi seperti biasanya. Dengan kata lain, cara ini merupakan cara mandi yang memakai daun kelor, beras, dan minyak zaitun sebagai lulurnya.

Menghilangkan Keriput

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh dari daun kelor untuk kecantikan ialah kemampuannya dalam menghilangkan keriput yang biasanya kerap muncul terlebih dahulu di sekitaran wajah. Gunakanlah masker daun kelor seperti cara pada poin 1 setidaknya 3 kali dalam seminggu agar hasil yang didapatkan secara maksimal.

Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan.


Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan berupa tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi, dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk memperkuat hasil penemuan ni.


Anti Kanker
Pada studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia, yang diterbitkan di jurnal “Food and Chemical Toxicology” edisi Juni 2011. Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.

Antioksidan di dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu kandungan potasium yang tinggi. Membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.


Mengatasi diabetes
Tingginya kandungan mineral yaitu seng, membuat daun kelor memiliki sifat anti diabetes. Kandungan tersebut diperlukan untuk produksi insulin, demikian menurut peneliti dari University of Wiconsin LaCrosse, yang melakukan sebuah studi hewan di laboratorium, yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes”.


Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal. Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes.


Menurut draxe.com, senyawa asam chlorogenic pada daun kelor terbukti membantu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) yang diperlukan. Selain asam chloregnic, senyawa isothiocyanate juga telah dikaitkan dengan perlindungan alami terhadap penyakit diabetes.


Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Science Technology, menemukan bahwa daun kelor memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah dan insulin pada pasien diabetes.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Oktober 12, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.