Manfaat Ciplukan dan Resep Cara Menggunakannya Sebagai Herbal Alami

Posted by

Manfaat Kesehatan Tanaman Ciplukan Yang Harganya Selangit

Buah ceplukan memiliki kandungan steroid alami yang dapat menaikkan kekebalan tubuh dan dapat membunuh lebih dari satu type sel ganas in vitro. Buah ciplukan ini menunjukan bahwa sitoksitas yang kuat pada sel-sel kanker ginjal dan ekstrak dari tanaman ini mampu mengurangi ukuran tumor, kanker pada tikus dan leukimia lymophocytic . Bahan kimia steroid dalam ramuan ceplukan bekerja pada tingkat enzim untuk menghentikan siklus sel pada sel kanker saat menyebabkan rusaknya DNA pada sel-sel tersebut untuk menghambat kanker jalankan replikasi. Maka dari itu, ciplukan digunakan oleh praktisi herbal di Selatan dan Amerika Utara sebagai untuk terapi komplementer untuk penyakit leukimia dan kanker selain itu dapat digunakan untuk penyembuhan infeksi paru-paru dengan obat modern.
Ciplukan Bermanfaat Untuk Mengobati flu, Berikut Resep Cara Pemakaiannya

Salah satu manfaat daun ciplukan yang dapat digunakan sebagai obat herbal adalah untuk mengobati flu. Untuk seseorang yang terkena serangan sakit flu, idealnya menjadikan daun ciplukan sebagai obat herbal dalam pengobatannya, yaitu dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan hingga flu yang melanda hilang. 
Resep Ciplukan Untuk Meringankan Diabetes Melitus
Untuk mengatasi diabetes melitus dengan menggunakan buah ciplukan, bersihkan tanaman ciplukan dan memotongnya menjadi beberapa bagian lantas rebus dengan air sekitar 3 gelas banyaknya, rebus sampai mendidih dan biarkan hingga air rebusannya tersisa sebanyak 1 gelas saja lalu saring dan nikmati ramuan obat herbal hangat ini sebagai obat pencegah diabetes melitus.
Resep Cara Memanfaatkan Ciplukan Sebagai Obat radang tenggorokan

Selain dapat mengobati flu, daun ciplukan juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit radang tenggorokan yang sering diderita oleh anak-anak ataupun dewasa. Cara menggunakan daun ciplukan sebagai obat radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengobati pertusis

Kandungan yang terdapat dalam daun ciplukan dapat mengobati pertusis atau batuk rejan. Dalam pengobatan dengan daun ciplukan ini membutuhkan kesabaran, karena batuk rejan yang dialami seseorang akan sembuh secara bertahap. Akan tetapi, dapat dipastikan bahwa batuk rejan tersebut tidak akan kembali lagi.

Resep Ciplukan Untuk Mengobati gondongan

Gondongan merupakan penyakit bengkak pada leher bagian depan yang terjadi karena pembengkakan kelenjar. Penyakit ini dapat menciptakan rasa nyeri. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan, rasa nyeri pada tenggorokan akibat penyakit gondongan ini akan terasa hilang.

Obat untuk bisulan dan borok

Manfaat daun ciplukan yang lain yaitu dapat berguna untuk mengobati bisul dan borok. Cara pengobatannya yaitu dengan cara mengoleskan air rebusan daun ciplukan pada borok atau bisul yang sedang meradang. Namun demikian, sebelum mengoleskan air rebusan daun ciplukan tersebut, pastikan bahwa tangan anda steril dari kuman dan kotoran.

Mengobati kencing manis

Kandungan zat yang terkandung dalam daun ciplukan juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit kencing manis. Agar penderita penyakit kencing manis dapat segera sembuh, idealnya mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin.

Mengurangi penyakit paru-paru basah


Daun ciplukan sangat berkhasiat untuk mengurangi penyakit paru-paru basah. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin, agar dapat sembuh seperti sedia kala.

Mengurangi risiko terjadinya epilepsi

Manfaat daun ciplukan yang selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Disamping itu, bagi orang yang telah mengalami penyakit epilepsi, kandungan daun ciplukan akan berperan aktif untuk mengurangi kambuhnya penyakit tersebut.
Selain buah dari ciplukan itu menurut sebuah penelitian di Jepang, daun ciplukan mempunyai tindakan tegas terhadap Herpes simpleks I, campak, HIV-1 dan Polio virus 1. Ditemukan bahwa ceplukan menunjukkan dampak penghambatan reverse transcriptase. Reverse-transcriptase inhibitor ( ISR ) adalah kelas obat anti-retroviral digunakan untuk mengobati virus seperti HIV dan hepatitis B.
Mencegah penuaan dini. Tidak banyak orang yang tahu keberadaan buah mungil ini, karena buah ini termasuk buah yang tidak populer di Indonesia dan tidak ada yang membudidayakannya dengan baik sehingga sekarang tanaman ini semakin langka. Kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi di dalam buah ciplukan ini akan membantu memancing terbentuknya kolagen dalam jumlah yang mencukupi sehingga kulit akan terhindar dari keriput yang datang sebelum saatnya tiba. Jadi jika Anda menemukan ada tanaman ini tumbuh liar di depan rumah, jangan langsung dibrantas habis, biarkan saja tumbuh dengan subur karena manfaatnya sangatlah banyak. Mengatasi penyakit diabetes melitus. Salah satu manfaat buah ciplukan lainnya adalah membantu mengatasi penyakit diabetes melitus karena buah ciplukan ini memiliki kandungan vitamin C, asam malat, glukosa, alkaloid, tannin serta kriptozxantin yang seringkali menjadi bahan obat-obatan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Oktober 14, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.