Macam-macam Jenis Tanaman Sirih

Posted by

Manfaat daun sirih sudah lama dikenal masyarakat dari jaman mbah-mbah dulu. Kepopuleran daun sirih terutama karena perannya dalam kegemaran masyarakat mengunyah sirih pinang jaman dahulu yang ternyata terbukti bisa menyegarkan nafas dan menguatkan gigi serta menyehatkan mulut. Tetapi tidak semua jenis sirih bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit secara alami. Daun sirih atau Piper Betle berbentuk seperti jantung dan berujung runcing. Panjangnya sekitar 5-8 cm dengan lebar 2-5 cm. Umumnya, daun sirih tumbuh berselang-seling dan bertangkai. Apabila diremas, daun sirih akan mengeluarkan aroma yang sedap.


Macam - macam Jenis Daun Sirih

Selain daun sirih hijau yang sudah sangat dikenal dan banyak manfaatnya, ternyata ada jenis daun sirih lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi mengenai jenis daun sirih:

1. Daun sirih gading

Daun sirih gading juga sering disebut dengan daun sirih kuning. Daun sirih gading hampir mirip dengan daun sirih hijau. Yang membedakannya adalah daun sirih gading berwarna lebih muda dan agak kekuning-kuningan. Daun sirih gading ini digunakan sebagai tanaman obat.

2. Daun sirih wulung

Daun sirih wulung yang juga disebut dengan daun sirih keraton termasuk jenis daun sirih yang langka. Yang menjadi ciri-ciri khusus daun sirih wulung adalah perubahan warnanya menjadi ungu ketika disinari oleh cahaya dari bawah. Daun sirih wulung ini bermanfaat sebagai tanaman obat dan hias.

3. Daun sirih hitam

Ciri khusus yang mencolok adalah warna hitamnya yang tidak akan pudar meski telah melalui proses pengeringan. Daun sirih hitam ini sering digunakan sebagai syarat ritual.

4. Daun sirih merah

Tanaman sirih merah bisa digunakan sebagai media pengobatan atau pun sebagai penghias rumah. Salah satu ciri khusus yang menonjol dari tanaman ini adalah seluruh bagian daunnya berwarna merah.

5. Daun sirih philipine

Selain jenis wulung, sirih philipine juga termasuk tanaman sirih yang langka. Penampilan daun sirih philipine memiliki kemiripan dengan daun sirih merah. Yang membedakannya hanyalah bagian bawah daun sirih philipine yang tidak berwarna merah.

6. Daun sirih Irian

Daun sirih Irian juga biasa disebut dengan daun sirih lalapan. Mengapa demikian? Hal ini karena daun sirih Irian sering dijadikan sebagai bahan makanan atau lalapan. Ciri yang menonjol dari tanaman ini adalah daunnya yang lebar.

7. Daun sirih hati

Daun sirih hati ini memiliki ukuran daun yang sangat kecil, berbanding terbalik dengan daun sirih Irian. Bahkan, bisa dibilang daun sirih hati ini merupakan jenis tanaman sirih yang memiliki daun dan batang terkecil. Ukuran daun sirih ini diperkirakan hanya sebatas ukuran uang koin 100 rupiah.

8. Daun sirih jalu

Daun sirih jalu sendiri hanya memiliki warna kuning di bagian tengah dan pangkal daunnya. Daun sirih jalu ini cocok digunakan sebagai tanaman hias.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Oktober 11, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.